Download soal ujian nasional SMK normatif

4:01 PM
Download Soal Ujian Nasional SMK Normatif dan Perbedaan Soal Yang Menyebalkan
Download Soal Ujian Nasional SMK Normatif dan Perbedaan Soal Yang Menyebalkan - Ujian Nasional (UN) SMK (Normatif/Biasa) biasanya dilaksanakan setelah melakukan Ujian, praktek, UKK (Ujian Kompetensi Kejuruan/Bengkel), dan juga UAS. Menurut situs website Kemdikbud.go.id mulai tahun 2014, secara merata SMK/SMA melakukan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). Dan pada tahun 2016 hampir seluruh sekolah, menggunakan metode tersebut.

Untuk pelaksanaan UNBK sendiri memiliki metode yang agak berbeda dari PBT (Paper Based Test). Kalau PBT untuk jadwal dan waktu ujian, per-kelas disamakan semua. Akan tetapi untuk CBT/UNBK jadwalnya mempunyai 3 sesi.
Jadwal UNBK

Dalam jadwal diatas dapat diketahui bahwa waktu pelaksaan dimulai jam 07.30 - 16.00, dengan 3 sesi, dan 1 jam untuk tenggang istirahat ruangan ujian (untuk pensterilan). Untuk keuntungan dan kerugiannya menurut saya :
Kerugian.
  • Yang bagian sesi ketiga bakal pulang sore
  • Jarang contekan (karena soal tidak sama & acak)
  • Beli kunci jawaban tidak berguna
    Baca : Trick menyamakan soal UNBK
 Keuntungan :
  • Untuk sesi ketiga bisa tanya - tanya soal kepada teman sesi 1 dan 2.
  • Belajar di sekolah

Soal UN SMK Normatif

Dalam soal saya bagikan ini hanya dalam kategori Normatif/pelajaran smk biasa. Mempunyai 4 Soal yang di dalamnya terdapat pelajaran Matematika AKP/TKP, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris. Soal ini merupakan soal pada tahun 2015, dan dalam bentuk format .pdf.

Maaf untuk tahun 2016 blog lalatonline belum mempunyai filenya, karena pada tahun kemarin UN sudah dilaksanakan dengan metode CBT. Dan soal - soalnya yang dapat dibuka untuk PC jarang ada.
  1. Soal UN Bahasa Indonesia.pdf [Download
  2. Soal UN Bahasa Inggris.pdf [Download]
  3. Soal UN Matematika TKP.pdf [Download
  4. Soal UN Matematika AKP.pdf [Download

Perbedaan Soal 2016 (CBT) dan 2016 (PBT)

Dalam tahun 2016 kemarin terasa sangat menegangkan,  karena disebabkan ketidaksesuaian materi pembelajaran/pendalaman UN dengan soal un yang sebnarnya. Mungkin yang generasinya sama dengan saya akan berfikiran yang sama.
  1. #pertama : hampir separuh soal UN 2016 (CBT) berbeda dengan soal UN 2015 dan tahun - tahun sebelumnya.
  2. #kedua : Contekkan jarang, karena ada CCTV - guru pengawas yang selalu berkeliling. (Hal ini berbeda karena tugas guru cenderung mengawasi murid) sedangkan yang pengawas ujiannya masih tetap sama, yaitu Satu Operator.
  3. #ketiga : ketika ada gangguan komputer (ex: headset) maka akan sangat stress, karena waktu sudah mulai berjalan.
Bagaimana menurut kalian, apakah di daerah kalian masih menggunakan kertas sebagai metode UN atau sudah menggunakan Komputer (CBT). Masing - masing metode tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri :D

0 Response to "Download soal ujian nasional SMK normatif "

Post a Comment